Kamis, 10 September 2020

GROUNDBREAKING PEMBANGUNAN LABORATORIUM DAN PERPUSTAKAAN MAN 2 TULUNGAGUNG

Pagi itu tepatnya hari selasa tanggal 08 September 2020 sekitar pukul 10.00 wib pembawa acara mulai mebacakan susunan acara untuk kegiatan peletakan batu pertama (groundbreaking) proses pembangunan laboratorium terpadu dan perpustakaan MAN 2 Tulungagung. Serangkaian acara dimulai dari sambutan dari kepala MAN 2 Tulungagung Dra. Hj. Miftachurohmah, M.Ag dilanjutkan dengan Istighosah dan do’a bersama yang dipandu oleh KH. Muhson Hamdani selaku Ketua Komite dan pengasuh Ma’had Al Furqon MAN 2 Tulungagung.

Selesai kegiatan Istighosah Rotibul khaddad dilanjutkan pemotongan tumpeng sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kehadirat Illahi robbi bahwasanya MAN 2 Tulungagung telah diberikan amanah dari negara melalui Proyek SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) yang nantinya digunakan untuk kepentingan para siswa, guru, wali murid, masyarakat dan juga untuk kepentingan pengembangan lembaga. Tumpeng di potong oleh ibu Kepala MAN 2 Tulungagung yang diserahkan kepada bapak Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung. Acara dilaksanakan penuh khikmad dan sederhana, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Menginjak acara puncak yakni peletakan batu pertama yang dimulai oleh bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung dilanjutkan Kasi Pendidikan Madrasah dan tamu undangan yang lain. Batu yang dipasang adalah batu bata bukan batu kali karena pondasi bangunan bukan dari batu kali tapi dari tiang pancang kemudian di atas titik titik tiang pancang di cor beton readymix dengan kualitas teruji di lab ITS Surabaya. Rencana pembangunan gedung tiga lantai, jadi penguatan struktur bawah bangunan menjadi prioritas dalam pengerjaan.

Denah tata ruang nantinya dibagi beberapa bagian, bagian lantai dasar untuk laboratorium IPA dan perpustakaan dan lantai dua untuk laboratorium IPS terpadu, sedangkan untuk lantai atas difungsikan sebagai aula atau gedung pertemuan. Gedung yang bersumber dari dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) ini bernilai 6,5 M. diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan siswa MAN 2 Tulungagung. Ruang laboratorium terpadu IPS dirancang untuk pembelajaran siswa sekaligus menjadi tempat praktek dan ketrampilan. Laboratorium terpadu IPS terdiri dari mini musium, laboratorium bahasa, laboratorium boga, laboratorium multimedia. Praktek tata boga diajarkan antara lain membuat kue dan roti selanjutnya berhubungan dengan pembuatan disain kemasan produk yang di buat oleh siswa di laboratorium multimedia, tahap selanjutnya proses packing dan yang terakhir marketing hasil produk tersebut di jual oleh Koperasi Siswa Al Farabi sebagai praktek bidang ekonomi.

Madrasah Hebat Madrasah Bermartabat bukan hanya sekedar slogan belaka namun harus disertai dengan tindakan nyata. Peran pimpinan lembaga sangatlah berpengaruh besar untuk kemajuan madrasah dan tentunya didukung oleh para guru, karyawan, wali murid dan juga masyarakat. Inovasi harus terus ditingkatkan untuk menjadikan seluruh alumni dan keluaran madrasah menjadi orang yang berguna. Dibekali dengan ilmu pengetahuan baik ilmu pengetahuan umum juga ilmu pengetahuan agama serta pendidikan ketrampilan dan keahlian yang cukup, diharapkan nantinya keluaran dari MAN 2 Tulungagung mampu mandiri dan berdaya saing, karena sudah mendapatkan gemblengan melalui praktek langsung yang disediakan oleh pihak Madrasah.

MAN 2 Tulungagung tentunya merasa bangga dengan berdirinya laboratorium terpadu ini karena di Madrasah lain khususnya di wilayah Tulungagung belum ada bangunan dan fasilitas seperti ini. Membangun brand image dalam sebuah lembaga memang sangatlah penting karena akan menjadi daya Tarik dan nilai jual Madrasah itu sendiri dalam persaingan mutu pendidikan di level tingkat Sekolah Menengah Atas. Pembangunan menyeluruh disemua aspek menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan sebuah Lembaga, dan juga dibarengi ridho Allah menjadi penentu masa depan. Maju terus MANDUTA

 







Tulungagung, 8 September 2020

Intokowati

#SahabatPenaKita

#KomunitasLiterasi

6 komentar:

  1. Alhamdulillah, jadi ikut bangga dan berbahagia.
    Walaupun saya dulu alumni tetangga madrasah. Tapi kepala madrasahnya bertepatan masih beliau, Dra. Hj. Miftachurrohmah, M.Ag.

    BalasHapus
  2. Mantab Bunda. Semoga Manduta semakin jaya mencetak generasi akhlaqi dan berdaya saing tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terima kasih mbak Anis untuk do'a terbaiknya

      Hapus