Kamis, 13 September 2018

Botol Air Minum


Kalau kita melihat botol air minum kira-kira pertanyaan apa yang timbul dalam benak kita. Mungkin ada yang menanyakan ini botol siapa..? ini botol untuk apa…? dst…. 

Kalau saya melihat botol air minum banyak sekali pertanyaan yang mucul dipikiran. Bisakah botol air minum menjadi solusi atas permasalahan sampah dan kebersihan yang ada di lingkungan sekolah. Ini yang akan menjadi fokus pemikiran saya, terkait dengan banyaknya sampah plastik yang tidak dapat bisa terurai dan menjadi masalah bagi pihak pengelola sekolah. Bisakah sekolah menyarankan kepada para siswa-siswinya untuk membawa botol air minum sendiri atau bahkan pihak sekolah mampu membelikan botol minuman untuk mereka, agar supaya anak-anak tidak membeli minuman kemasan, tapi cukup mengisi ulang air minum tersebut, anak-anak bisa membawa air minum dari rumah atau disediakan dari pihak sekolah, sehingga permasalahan lingkungan dan permasalahan sampah bisa teratasi.

Sebenarnya ini program yang sangat simpel dan tidak terlalu membutuhkan biaya yang sangat besar tapi manfaatnya bisa banyak, antara lain: dapat mengurangi jumlah sampah yang ada di sekolah, memberikan pelajaran hidup hemat, pembelajaran tentang hidup sehat, pembelajaran cintalingkungan dsb. Kira-kira tiap sekolah apakah mampu melaksanakan program tersebut dilihat dari simpelnya pelaksanaan seharusnya bisa untuk direalisasikan agar sampah plastik yang banyak bisa terkurangi dan lingkungan menjadi nyaman bebas dari sampah-sampah plastik. Mari kita bersama-sama ikut menjaga lingkungan kita agar tetap lestari, indah dan nyaman dipandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar