Jumat, 24 Mei 2019

Emak Emak Era Milenial

Di era globalisasi seperti sekarang ini semua orang dimudahan dalam segala hal, baik dari segi transportasi, kemudahan bertransaksi, juga dalam hal berkomunikasi. Teknologi memanjakan para emak emak jaman now.

Emak emak tempo dulu mengajarkan kepada anak perempuannya untuk bisa memasak, mengurus rumah mulai dari menyapu, mencuci baju, setrika dan segala bentuk urusan rumah tangga termasuk mengurus anak. Kelihatannya pekerjaan sederhana tapi sejatinya sangat menguras energi.

Emak emak masa sekarang banyak yang berkarir, sehingga separuh waktunya sudah habis dengan pekerjaan di tempat tugasnya. Untuk urusan rumah tangga dalam hal makan mereka mengandalkan beli di warung, pesen Go-food, grab-food lebih praktis ketimbang memasak sendiri yang membutuhkan waktu lama. Padahal anggota keluarga kadang rindu dengan masakan sang emak walau hanya sekedar sambal bawang dan tempe goreng.

Bagi emak rumahan ada sebagian yang hanya mengurus keluarga kemudian selesai tugas mereka bermain gadget sampai kadang lupa waktu jemput anak sekolah, namun ada pula sebagian emak emak yang sibuk dengan gagetnya namun mendulang rupiah dengan bisnis online. Emak emak yang memiliki ketrampilan dan inovasi tinggi menggunakan teknologi sebagai sarana untuk ajang eksplorasi bakat dan kemampuan disegala bidang yang dia tekuni dan kuasai.

Emak emak yang mampu menggunakan teknologi sebagai peluang usaha menggunakan gadget bukan hanya sebagai alat komunikasi dalam berinteraksi namun memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk yang dia punyai, emak emak yang hoby masak mereka posting hasil masakannya dengan sedikit editan dan pengaturan gambar membuat orang lain merasa tertarik sehingga mereka pesan order, begitu pula yang punya ketrampilan membuat kerajinan atau bahkan fashion, kemudian setelah mengetahui bahwa produknya bagus dan baik mereka justru yang mempromosikan hasil karya emak tersebut, itu semua adalah hasil dari teknologi masa kini.

Emak emak era milenial yang kreatif akan banyak memperoleh peluang ketimbang yang hanya menggunakan medsos hanya sekedar untuk sarana posting diri dengan berbagai gaya selfi tapi tidak menghasilkan secara ekonomi, hanya boros paket data, mestinya kalau mereka mampu melihat peluang disitu mereka akan sukses, sukses mengurus keluarga juga sukses dalam berusaha.

Tulungagung, 21 Mei 2019

#Intokowati 
#Komunitas Literasi IAIN TA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar