Rabu, 18 Oktober 2023

SEMANGAT KOPDAR SAHABAT PENA KITA (SPK)

 

        Setelah sekian lama dinanti akhirnya terlaksana juga kopdar Sahabat Pena Kita Tulungagung, yang awalnya merupakan sebuah Komunitas Literasi dan bermertamorfosis menjadi sebuah group yang keberadaannya sudah diakui di dunia penulisan tingkat nasional. Tepatnya hari Minggu, tanggal 15 Oktober 2023 merupakan momentum bersejarah adanya kopdar perdana SPK Tulungagung. Banyak kendala yang dihadapi para pengurus dalam mewujudkan kopdar tersebut, selain beberapa waktu yang lalu adanya pandemi Covid-19  menjadi penghalang terwujudnya kopdar anggota SPK Tulungagung, juga kesibukan dari para anggotanya juga para pengurus SPK Tulungagung.

Intinya kopdar menurut Prof. Naim ya makan-makan, ada benarnya juga apapun dan dimanapun ada pertemuan sepengetahuan saya pasti ada makan-makannya. Namun sejatinya banyak pengetahuan dan juga pemikiran baru yang muncul dengan adanya kopdar SPK ini, jadi bukan hanya sekedar ketemu dan makan saja. Selain membahas tentang program masa depan SPK Tulungagung juga menunjuk secara aklamasi ketua baru yaitu; sdr. Roni Ramlan, M.Ag sebagai Ketua SPK Tulungagung, menggantikan sdr. Thoriqul Aziz, M.Ag. Reorganisasi adalah hal yang wajar dalam dinamika kepengurusan sebuah komunitas. Dengan terpilihnya ketua baru harapannya SPK Tulungagung akan lebih maju dan berkembang.

Program yang segera dapat direalisasikan adalah melakukan MOU dengan lembaga-lembaga Pendidikan untuk membumikan SPK Tulungagung menjadi lebih eksis dan dapat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Para pengurus maupun anggota bisa menjadi nara sumber atau mentor untuk lembaga tersebut, membimbing dan juga menerbitkan karya-karya dari mereka baik berupa, cerpen, puisi, artikel, buku-buku, dan karya tulis lain seputar dunia literasi. SPK Tulungagung berupaya untuk dapat menerbitkan sendiri dan memiliki percetakan yang dapat membantu para penulis untuk dapat menyalurkan hasil karyanya. Mencoba melakukan pemasaran hasil karya dari para anggota dan para penulis secara komersial meskipun sebenarnya itu bukan menjadi tujuan pokok. Tujuan terpenting adalah bangaimana ide, gagasan pengalaman dan karya kita dapat dibaca oleh orang lain, syukur-syukur bisa jadi referensi dan sumber inspirasi untuk khalayak umum.

Dalam kopdar ini, sifatnya tidak seremonial melainkan dilakukan dengan santai dan banyak diselingi dengan canda tawa, meski begitu banyak hal yang disepakati dan akan segera diwujudkan dalam waktu dekat seperti halnya pendataan kembali anggota SPK Tulungagung, melakukan MOU dengan lembaga lain, dan penerbitan buku solo karya dari para anggota, kalaupun ada yang karya bersama maksimal 3 orang. Anggota aktif dalam sebulan wajib setor minimal satu tulisan untuk sunanahnya tak terbatas sesuai dengan kemauan penulis. Melakukan rekruitmen anggota baru dengan syarat mau setor tulisan dan aktif menulis. Ngomong omong penulis sendiri sebenarnya juga sebagai anggota lama, juga jarang menulis karena banyaknya kesibukan. Kopdar SPK ini membangkitkan kembali jiwa literasi saya yang sudah lama mati suri, bangkit kembali dan semoga bisa istiqomah terus menghasilkan karya tulisan yang lebih banyak dan beragam.

Kopdar perdana ini cukup unik menurut saya, karena begitu acara sudah selesai, ternyata berlanjut lagi, dan seterusnya, sampai dirasa cukup, akhirnya di tutup dengan foto bersama dan pamitan pulang, tapi setelah pada pamit pulang masih duduk kembali dan melanjutkan obrolan sampai suara Adhan Dzuhur berkumandang, setelah itu masih juga dilanjut lagi, sepertinya asyik sekali dan agak berat untuk menyelesaikan acara kopdar SPK Tulungagung ini. Rencana kopdar berikutnya 3 bulan kedepan (bulan Januari 2024) semoga acara selanjutnya beberapa program sudah mulai berjalan, dan anggota semakin semangat menulis.

Terima kasih kepada Prof. Ngainun Naim yang sudah memberikan fasilitas tempat untuk dijadikan  basecamp Sahabat Pena Kita Cabang Tulungagung, juga saran, motivasi dan bimbingan agar para anggota lebih produktif dalam menulis dan menghasilkan karya tulisan dalam rangka merawat dan melestarikan literasi di wilayah Tulungagung dan sekitarnya.

Salam Literasi…

 

 

Tulungagung, 15 Oktober 2023

@Intokowati

#SahabatPenaKita

#Komunitas Literasi

5 komentar:

  1. Alhamdulillah ya Bu. Saget nderek Kopdar. Semoga Istikamah menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin ... Insyaallah tetap semangat menulis mas ketua

      Hapus
  2. Alhamdulillah senang bisa bertemu panjenengan bu in... Salam sehat semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak Nikmah, semoga tali silaturrahmi senantiasa dapat terjaga antar anggota SPK Tulungagung dan tetap semangat menghasilkan karya juga senantiasa diberikan kesehatan lahir batin..

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus